Rabu, 14 April 2010

Keanehan Jaringan IndosatM2, 9-15 April 2010

Sudah hampir 6 hari ini saya mendapati kejanggalan-kejanggalan pada IndosatM2, dimulai dari tanggal 9 April 2010, dimana kita dapat terkoneksi dengan baik kedalam jaringan M2 tetapi kita tidak dapat melakukan aktifitas internet. ketika saya mencoba untuk membuka google, saya haya mendapati bahwa browser chrome yang saya pakai tidak dapat membuka halaman tersebut.
kejadian ini berlangsung terus hingga tadi malam, tanggal 14 April 2010. Pada hari ini, 15 April 2010, saya kembali mencoba untuk mengkoneksikan Laptop saya kedalam jaringan M2, dan segera saya membuka google untuk mencoba koneksi. Dan ternyata berhasil membuka halaman tersebut.. tetapi, muncul kejanggalan lain yang membuat saya terkejut. browser hanya dapat membuka domain-domain dengan server google, seperti google search engine, gmail, blogger.com, dan produk-produk google lainnya. dan juga website indosatm2 sendiri.
mengapa terjadi seperti ini? saya pribadi tidak dapat menjelaskan secara detailnya, mungkin saja sedang ada perbaikan / upgrading sistem dari indosatM2 sendiri. tetapi saya terpikir untuk mengganti DNS yang diberikan oleh indosatM2 dengan DNS dari OpenDNS. karena, untuk mengakses internet, itu merupakan tugas dari DNS bukan? nah, apabila DNS dari indosat tidak dapat mengquery / meresolve IP address dari website-website luar, selain domain-domain dari google ataupun indosatM2, maka saya harap dengan menggunakan OpenDNS saya dapat membuka website-website lain yang tidak dapat ditampilkan oleh DNS dari indosatM2. Saya juga terpikir untuk menggunakan proxy untuk mengakses situs-situs yang saya kehendaki.
mudah-mudahan dengan cara ini, saya dapat kembali mengakses semua situs yang saya inginkan. jika ini berhasil, maka akan saya posting kembali hasilnya dilain kesempatan.. Wish Me Luck :-)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Kutai Barat