Senin, 19 April 2010

Cara Setting Email Google mail (Gmail) di Handphone



Tiba saatnya untuk menulis lagi di blog ini, dan kali ini saya akan membagi pengalaman saya mengenai menyetting email dari handphone, yang mana email tersebut akan masuk dibagian mailbox pada menu messages di handphone anda.
oke, langsung saja step-stepnya akan saya jelaskan secara satu persatu. disini saya menggunakan handphone nokia 9300, dan untuk jenis dan tipe Handphone lain sebenarnya sama saja settingannya. yang perlu anda perhatikan disini hanya pada bagian incoming mail server dan juga outgoing mail server. untuk settingan secara mendetail, silahkan lihat pengaturan dibawah ini:
Pastikan pada bagian MailBox type, anda isi dengan POP3.
Mailbox Name: Isi terserah anda (ex: My Gmail)
My Name: Isi dengan nama anda (Nama yang ingin Anda tampilkan pada header email dari anda)
Your Email: IDAnda@gmail.com (ex: yohanes.m.v.w@gmail.com)
Mailbox Type: POP3
Secure Login POP3: Dinonaktifkan saja
POP3 User Name: IDAnda di Gmail
POP3 Password: Sandi Anda di Gmail.
Pengaturan surat masuk
Incoming Mail Server: pop.gmail.com
Port Incoming POP3: 995
Pengaturan Surat Keluar
Outgoing Mail Server: smtp.gmail.com
Port Outgoing POP3: 465
Kode sandi POP3: Sandi Anda di Gmail
Ok, itu mungkin secara umum gambaran dari settingan email agar dapat ditampilkan / di reterieve dari handphone. langkah selanjutnya adalah dengan mengaktifkan POP di akun gmail anda. cara-caranya adalah sebagai berikut:
Log in ke Gmail dengan akun anda;
kemudian masuk dibagian Setelan, selanjutnya pada penerusan dan POP/IMAP, tandai (check) “Aktifkan POP”;
pada setting POP saya, tandai “Fungsikan POP untuk semua email (bahkan email yang telah di download)”, dan langkah terakhir adalah menyimpan settingan anda tadi dengan mengklik tombol simpan perubahan.
nah, setelah semua langkah diatas telah selesai anda lakukan, maka anda dapat mendownload langsung semua email anda kedalam mailbox yang baru anda buat tadi melalui menu messages di handphone anda dengan cara membuka mailbox anda, dan pilih reterieve email.
semoga tulisan diatas dapat membantu anda dalam mengkonfigurasi email di handphone anda, jika ada yang kurang jelas dan perlu ditanyakan, silahkan tulis pertanyaan anda dikotak komentar, saya akan berusaha sebisa saya untuk menjawabnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Kutai Barat