Sabtu, 10 April 2010

Menunggu Release Party Ubuntu 10.4 Code Name Lucid Lynx



19 hari lagi Ubuntu versi 10.04 dengan code name Lucid Linx akan direlease. menurut kabar yang didapat dari googling, Ubuntu baru ini memiliki themes baru, dan banyak pembaruan serta penyempurnaan baik itu dari segi graphicalnya, maupun dalam pengenalan hardware.
ok, apa saja yang baru dari sistem operasi besutan canonical ini, berikut pemaparan singkatnya:
  • Gnome: untuk desktop environment yang satu ini, ubuntu 10.04 beta 1 ini menggunakan gnome yang paling baru, dengan beberapa fitur yang baru juga.
  • Mozilla firefox: untuk browser rubah api (baca: firefox), ada satu hal yang berubah yaitu penggunaan default search engine dan default home page pada firefox ini telah berubah menjadi search engine dari yahoo!. tapi, jika anda lebih memilih google sebagai search engine andalan, firefox juga menyediakannya. jadi tinggal merubah default search engine yahoo, dengan google.
  • Kernel: Untuk urusan kernel, Ubuntu 10.04 beta 1 ini telah membenamkan kernel 2.6.32-16.25 based on 2.6.32.9
  • KDE: jika anda menyenangi desktop environment yang satu ini, yang tentunya dapat ditemukan pada versi Kubuntu, anda akan dibuat terbuai oleh keindahan dari KDE SC 4.4 yang menawarkan tampilan indah nan menawan. untuk melihat lebih jauh tentang KDE 4.4, silahkan lihat diblog tetangga sebelah pagar disini :-)
  • HAL removal: fitur ini digadang-gadang akan membuat boot ubuntu 10.04 lebih cepat dari sebelumnya, juga mempercepat resume setelah sebelumnya masuk suspend mode.
  • Default opensource driver untuk hardware nVidia: bagi anda yang menggunakan chipset nVidia sebagai GPU, maka anda dapat mengelus dada karena tersedianya driver default untuk hardware nVidia, sehingga anda tidak perlu lagi mendownload dan mensetting menggunakan EnviNg.
  • Social Networking: nah, jika anda penggila situs-situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya, anda dapat mengakses akun anda secara mudah karena Ubuntu 10.04 ini telah mengintegrasikan menu social networking di bagian panel.
  • Indikator Baru: jika anda sebelumnya telah melihat jenis indikator pemberitahuan di bagian sudut kanan desktop, pada Ubuntu 10.04 ini dilakukan penyempurnaan pada bagian tersebut, sehingga dapat menampilan notifikasi dari situs jejaring sosial anda, messenger, session management, dan task-task lain yang berjalan disistem.
  • UbuntuOne: pastinya anda telah mengenal fitur ini jika pernah memakai Ubuntu 9.10.. ini merupakan server sinkronisasi, yang dapat mensingkronkan data dari ubuntu anda ke server UbuntuOne. nah, pada Ubuntu 10.04 ini, Ubuntu One memiliki fitur baru yaitu Ubuntu One Music Store. bagi anda penggemar musik, anda dapat mendownload berbagai genre musik dari Ubuntu One Music Store ini. (downloadnya pake bayar lho... namanya juga music store. hehehehe) sepertinya canonical ingin mengikuti sukses Apple dengan Itunes nya.
mungkin diatas baru sebagian kecil dari fitur-fitur terbaru dari Ubuntu 10.04, silahkan menunggu hingga release party dari Ubuntu 10.04 ini untuk dapat menikmati semua fitur-fitur terbaru andalan dari canonical.
sekedar sharing, jika anda tidak memiliki akses internet yang cepat untuk mengunduh Ubuntu 10.04 ini, maka anda dapat memesannya langsung dari canonical, via shipit. untuk distro Ubuntu, baik versi desktop ataupun versi servernya, anda dapat memesannya disini, dan untuk Kubuntu, anda dapat memesannya disini. semua ongkos pengiriman ditanggung canonical, alias free.. tapi anda harus sedikit bersabar untuk menunggu pesanan anda. berdasarkan pengalaman, saya pernah memesan dan dalam tempo lebih kurang 2 minggu, pesanan saya tersebut sampai juga didepan pintu rumah saya. dan untuk Ubuntu 10.04 ini, saya berencana untuk memesannya lagi dari canonical.. maklum, akses internet sangat lambat sehingga tidak memungkinkan untuk mendownload file sebesar itu.
Ok, mungkin itu saja yang dapat saya tulis untuk sekarang.. nanti setelah Ubuntu 10.04 direlease, dan saya berkesempatan mencobanya, saya akan membuat review lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Kutai Barat